Seksi Kesra LPMD selenggarakan penyuluhan kesehatan masyarakat

Ubaidillah AT 30 November 2017 17:57:55 WIB

Rangkaian kegiatan pemberdayaan masyarakat LPMD Wonosari gelar acara terakhir Kamis (30/11) di Balai Desa Wonosari. Setelah 4 seksi LPMD sebelumnya telah selenggarakan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat, kali ini giliran Seksi Kesejahteraan Masyarakat yang adakan kegiatan Penyuluhan Kesehatan Masyarakat. 

Sebanyak 35 ibu-ibu anggota PKK Padukuhan diundang untuk menjadi peserta dengan narasumber dari Pengurus PKK Desa Wonosari dan dari Puskesmas II Wonosari. Dalam sambutannya Kepala Desa Wonosari (Tumija) menyampaikan bahwa walaupun kegiatan yang diselenggarakan oleh LPMD ini merupakan acara terakhir di tahun ini, namun berharapd dapat berkelanjuran di masa yang akan datang.

Narumber pertama, dari pengurus PKK Desa Wonosari menyampaikan tentang bagaimana mengelola keluarga terutama mendidik anak di era sekarang yang semakin bebas. Bagaimana menyikapi penggunaan teknologi yang sekarang semakin masif digunakan. Hendaknya teknologi ini dapat digunakan dengan sebijak mungkin agar mendatangkan manfaat, bukan sebaliknya justru merugikan. Sehingga peran orang tua dituntut optimal dalam mengelola keluarga.

Narasumber kedua menyampaikan tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

Program GERMAS secara nasionalbertujuan  antara lain:

  1. Menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan;
  2. Menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk
  3. Menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. Prinsip GERMAS, yaitu Kerjasama multisektor; Keseimbangan masyarakat; keluarga dan individu; Pemberdayaan masyarakat;
  4. Penguatan sistem kesehatan; Pendekatan siklus hidup; Jaminan Kesehatan Nasional (JKN); dan berfokus pada pemerataan layanan.

Pasca sesi tanya jawab, kegiatan yang dikomandoi oleh Bp.Suyatna (LPMD) ini diakhiri pada pukul 17.00 WIB.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Fanspage

Halo Pemdes

>WhatsApp Desa Wonosari

Lokasi Wonosari

tampilkan dalam peta lebih besar