Bimtek Penyusunan Profil Desa

Ubaidillah AT 05 Desember 2017 08:48:30 WIB

Pemerintah Kecamatan Wonosari selenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Profil Desa pada Senin (4/12) di Pendopo Kecamatan Wonosari. 3 orang perwakilan dari masing-masing Desa di Kecamatan Wonosari, yakni Sekretaris Desa (sebagai Ketua Pokja Penyusunan Profil), Kepala Seksi Kesejahteraan dan Petugas Input Profil dihadirkan dalam acara ini. Hadir sebagai narasumber 2 orang Tenaga Asistensi Profil Kabupaten yakni Bp. Nur dari Piyaman dan Bp. Huda dari Siraman.

Pada sambutaanya, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kasi. PMD) Kecamatan Wonosari Suindartini, S.Sos, M.SI menyampaikan bahwa penyusunan profil ini penting dilakukan untuk mengetahui gambaran potensi, kebutuhan dan arah pembangunan Desa. Kecamatan Wonosari beruntung karena memiliki 2 Tenaga Asistensi Kabupaten yang berasal dari Wonosari, sehingga harapannya profil desa-desa di Kecamatan Wonosari dapat disajikan dengan valid. "Harus selalu lebih baik dan kalau bisa menjadi rujukan desa-desa yang lain", tutupnya.

Narasumber yang pertama (Bp. Nur) menyampaikan evaluasi tentang ke-valid-an data yang ada di profil desa masing-masing. Kegiatan penyusunan profil ini sudah ada sejak tahun 2009, sehingga seharusnya kondisi di tahun 2017 ini tidak akan sama dengan data awal dulu. Jika updating dilakukan secara benar, maka data yang disajikan dalam profil tahun 2017 ini merupakan data kondisi riil yang ada di lapangan.

Narasumber kedua (Bp. Huda) menyampaikan tentang langkah-langkah dalam penyusunan profil Desa. Total ada 6 lagkah dari pembentukan tim sampai dengan penyajian laporan. Kesemua langkah harus dilaksanakan dengan tuntas. Tips pada saat penjaringan / pengisian data Data Dasar Keluarga (DDK), biasanya meminta bantuan kader yang ada di Desa, hasilnya akan lebih bagus.

Pada penutup, Camat Wonosari (Drs. Siswanto) menyampaikan bahwa kegiatan penyusunan profil ini bisa dianggarkan dalam APBDes dan menjadi kegiatan yang wajib ada. Sehingga tidak ada keluhan lagi jika pelaksanaan penyusunan profil kurang dana dan sebagainya. Beliau juga menyampaikan bahwa hendaknya data yang diisikan di dalam Profil Desa adalah data yang sebenar-benarnya. "Data penghasilan dan kepemilikan aset harus jujur, jangan bohong, karena itu nanti akan bisa menentukan bantuan dan intervensi yang masuk ke desa akan tepat sasaran", pungkasnya.

Komentar atas Bimtek Penyusunan Profil Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Fanspage

Halo Pemdes

>WhatsApp Desa Wonosari

Lokasi Wonosari

tampilkan dalam peta lebih besar