Komunitas Bukalapak DIY Sambangi UMKM Desa Wonosari

Ubaidillah AT 25 Juli 2019 21:31:06 WIB

Perkembangan jaman yang semakin cepat saat ini membuat persaingan semakin ketat. Berbagai perkembangan khususnya dalam bidang ekonomi produktif menuntut UMKM agar selalu eksis. Hal ini ditangkap oleh Pemerintah Desa Wonosari dengan melaksanakan program Pelatihan Pemasaran Online untuk pelaku UMKM di lingkungan Desa Wonosari, Kamis 25 Juli 2019 di Warung Makan Sego Abang Gunungkidul.

Hadir dalam pelatihan ini sebagai narasumber adalah Komunitas Bukalapak Yogyakarta yang dikomandoi oleh Ibu Ressy Chandra Puspita. Tante Ressy, begitu biasa beliau disapa, mengajak dua rekannya, Om Sohi & Om Adi untuk mengisi materi pada pelatihan ini, mengenalkan dunia pemasaran online kepada para peserta.

Pada pemaparan awal Tante Ressy memberikan penjelasan tentang pemasaran online, mulai dari alasan untuk mengenal dunia online sampai dengan kiat-kiat sukses di dunia bisnis online. Tante Ressy ini adalah seorang pelaku usaha yang sukses berbisnis online, bahkan beberapa kali mendapatkan penghargaan atas kerja kerasnya dibidang ini. Hal ini pula yang membawanya menjadi narasumber untuk acara-acara dan komnitas bisnis online di seluruh Nusantara

Pada kesempatan selanjutnya giliran om Adi mengenalkan tentang platform market place Bukalapak. Mulai dari bagaimana cara mendaftar akun sampai dengan teknis konten di dalam berjualan online. Seperti kita ketahui bersama, Bukalapak ini merupakan salah satu unicorn baru yang ada di Indonesia. Bukalapak membuka jalan bagi pelaku usaha untuk terus mengembangkan diri.

Pada kesempatan terakhir om Adi bicara tentang bagaimana teknik-teknik pengambilan gambar produk sampai dengan packaging yang baik. "Walaupun mungkin produk kita terlihat tidak menarik namun jika kita mampu mengemas dengan baik, maka akan menaikkan nilai dari produk tersebut, seperti produk saya, tali kamera nampak tidak menarik, tapi ketika saya kemas dengan boks, 1 pcs tali ini bisa laku sampai dengan Rp. 450.000,-.

Peserta dalam pelatihan ini juga aktif & sering terlibat dalam diskusi dengan narasumber. "Ada baiknya kalau pelatihan ini ada tindak lanjutnya dikemudian hari, sehingga bisa benar benar bermanfaat untuk kita, ujar salah satu peserta.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Fanspage

Halo Pemdes

>WhatsApp Desa Wonosari

Lokasi Wonosari

tampilkan dalam peta lebih besar